13 Desember 2012

Membuat Digital Voice Recoreder & Playback Menggunakan IC ISD2560P

Seperti ditunjukkan dalam skema, soruce masukan adalah mikrofon electret. Jika menggunakan mikrofon dinamis, resistor R2, R3, R4 dan kapasitor C3, C5,  C7 akan dihilangkan dan mikrofon akan terhubung ke pin nomor  17 dan 18 secara langsung. Karena memiliki respon frekuensi yang lebih baik, kita memilih mikrofon electret dalam proyek ini.



Mengontrol rangkaian sangat sederhana. Saklar SW1 sebagai pemilih mode merekam dan mode pemutaran. Tombol B1 digunakan untuk start dan Pause. B2 sebagai tombol Stop.

Untuk merekam suara, pindahkan dulu SW1 ke posisi merekam dan kemudian tekan B1 sekali. IC akan mulai merekam dan selama proses ini LED merah akan menyala. Tekanan pertama pada tombol B1 Pause dan tekanan kedua akan kembali merekam. Anda dapat merekam 60 detik dengan cara ini. Untuk menghentikan perekaman tekan B2.

Untuk mendengarkan rekaman suara sebelumnya, pindahkan SW1 ke posisi pemutaran kemudian tekan B1. Selama pemutaran LED merah akan menyala lagi.  Tekanan pertama pada tombol B1 Pause dan tekanan kedua akan kembali memutar(playback). Untuk menghentikan pemutaran tekan B2.



Ada beberapa modus operasi lain untuk ISD2560P. Pemilihan moda dilakukan oleh pin bernomor 7 dari IC. Sebagai contoh jika Anda ingin memutar suara berulang-ulang, pin 7 dan 4 harus terhubung ke +5 V. Modus lain adalah merekam dan memainkan hanya selama menekan tombol B1. Untuk beralih mode ini, hubungkan pin 6 ke +5 V.



Pasokan tegangan dari rangkaian tersebut adalah +9 V yang dipasok oleh baterai 9V atau 9V AC / DC adapter. Tapi ISD2560P memerlukan +5 V, sehingga kita menggunakan regulator tegangan di sirkuit ini. Anda dapat melihat bagian pasokan tegangan dari rangkaian berdasarkan 7805 regulator pada gambar.



IC ISD2560P mencakup penguat untuk menggerakan speaker 16 Ohm, tetapi volume output tidak cukup cukup. Jadi, bukannya sebuah speaker Ohm 16, melainkan sebuah rangkaian penguat harus terhubung ke output. Anda dapat melihat bagian dari rangkaian penguat berdasarkan LM386 dalam gambar. SP + dan SP-pin harus terhubung ke pin bernomor 14 dan 15 ISD2560P. Sebuah potensiometer 100K digunakan untuk mengatur volume output. Jika output dari penguat terhubung ke speaker 8 Ohm, maka akan didapat volume yang jauh lebih tinggi.

Ikuti Blog ini

Langganan

Mau dapet Update-an Blog ini lewat e-mail? Masukkin aja alamat Email kamu disini:

Dikirim Oleh FeedBurner