24 Januari 2012

Yuk! Bikin Meme di Mac OS X

Siapa yang gak tahu 9Gag? Kalau gak tahu, kamu pasti si Patrick! Hidup di bawah batu selama ini… hehehe. 9Gag mempopulerkan meme (dibaca Mim), yaitu frase kata-kata atau lebih sering beruba gambar dan teks yang lucu-lucu kemudian disebarkan melalui situs-situs seperti 9Gag atau versi Bahasa Indonesia-nya na9a. Mau bikin meme sediri? Ada aplikasinya nih, malah ada dua! Simak review-nya.

Ada dua aplikasi untuk membuat meme, keduanya gratisan dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Misalnya bikin meme seperti ini.

Meme Widows pipis

Meme Generator didistribusikan melalui Mac App Store, mempuyai tampilan antarmuka yang sangat Mac OS X. Gambar-gambar meme di tampilkan berupa thumbnail, membuat lebih informatif ketika memilih meme apa yang akan dipakai. Meme Generator juga dapat mengatur ukuran huruf dan mengubah jenis font ke huruf kecil. Meme Generator tampaknya mempunyai sumber gambar yang lebih banyak dibandingkan iMeme.

Meme Generator

Kamu juga bisa impor gambar sendiri dan menggunakannya sebagai meme original. Untuk menambahkan meme baru, silakan impor ?+I atau melalui menu File > Import. Gambar meme baru akan muncu di dalam Custom.

Kamu bisa menyimpan file atau membagikanya melalui Facebok, Twitter, Tumblr dan Reddit. Gambar meme kamu akan diunggah ke website Memecrunch. Apabila kamu share melalu Facebook dan Twitter, Meme Generator hanya akan menyematkan tautan URL dari Memecrunch. Akan lebih baik kalau Meme Generator memberikan pilihan sumber unggahan lain, misalnya ke imgur seperti yang di pakai di iMeme di bawah ini.

Ketika mencoba membuat beberapa meme, seringkali Meme Generator loading terus ketika gonta-ganti gambar meme. Tapi, kemudian loading barnya hilang apabila gambar lain sudah terpilih.

iMeme sebenarya dibuat duluan, mempunyai tampilan yang sangat sederhana. Sayangnya gambar meme tidak ditampilkan berupa thumbnail, jadi agak susah mengingat gambar yang mana untuk meme yang mana. Jadi kalau kamu gak hapal nama meme-nya, kamu harus klik satu-satu untuk menemukan meme yang tepat.

iMeme screenshot

Karena iMeme di distribusika diluar Mac App Store, jadinya bisa dipake juga oleh versi OS X lama yang tidak mendukung Mac App Store.

iMeme hanya menyediakan sharing melalui imgur dan reddit. Mungkin di versi selanjutnya akan ditambahkan sharing ke situs-situs lainnya. iMeme hanya mendukung huruf besar semua. Saya lebih suka dengan efek font yang lebih tebal dibandingkan Meme Generator.

iMeme sangat ringan, dan mudah digunakan membuat kamu lebih fokus ke pembuatan meme, dan juga tersedia secara bebas. Sayangnya database gambarnya tidak bisa ditambah sendiri, ada banyak meme yang tidak tersedia, seperti meme Forever Alone.

Nah! Itulah dua aplikasi Mac OS X untuk membuat meme sendiri.Mari kita buat meme yang lucu-lucu, sharing aja linknya di komen di bawah ini. Di tunggu meme-nya!!

Follow juga @makemac, jadi fans di Facebook dan circle MakeMac di Google+ untuk dapat update tips, tutorial dan berita seputar Apple, iOS dan Mac OS X.

Beritahu rekan Anda mengenai artikel ini. Berlangganan ke RSS untuk mendapatkan update terbaru atau ikuti twitter kami.

Founder dan penulis di MakeMac, merupakan seorang wirausahawan dan designer. Bekerja sebagai Chief Creative Officer di Petshopbox Studio.

Follow @kuswanto


View the original article here

Ikuti Blog ini

Langganan

Mau dapet Update-an Blog ini lewat e-mail? Masukkin aja alamat Email kamu disini:

Dikirim Oleh FeedBurner