08 Januari 2012

Trigger untuk Foto Kecepatan Tinggi dengan Arduino

highspeed-photography-bullet-card300

Bagi anda photographer atau penggemar photography mungkin sering sekali membuat foto-foto dengan kecepatan tinggi (high speed photography), seperti peluru menembus sesuatu, korek api jatuh, air di gelas yang memercik, dan masih banyak lagi contoh foto-foto seperti ini. Momen-momen seperti itu terjadi sangat cepat dan mungkin saja terlewat ketika mengambil foto-nya.

Di sini Arduino bisa membantu anda. Arduino akan kita jadikan pemicu (trigger) yang akan membantu kamera untuk segera mengambil gambar begitu terdeteksinya suara pemicu (suara pemicu ini sudah kita tentukan sebelumnya, misalnya bunyi balon meletus, dll).

Matt Richardson telah membuat video tutorial tentang trigger foto kecepatan tinggi yang menggunakan Arduino ini. Di dalam video ini, dijelaskan tentang komponen apa saja yang diperlukan, cara merangkainya dan detil-detil lain yang berkaitan. Silahkan lihat video berikut ini untuk lebih jelasnya :)

Bagi anda yang tertarik untuk membuat trigger seperti ini, daftar komponen yang diperlukan tersedia di sini. Contoh program yang digunakan juga sudah disediakan di sini.

Silahkan mencoba!

Print Friendly

View the original article here

Ikuti Blog ini

Langganan

Mau dapet Update-an Blog ini lewat e-mail? Masukkin aja alamat Email kamu disini:

Dikirim Oleh FeedBurner