24 Januari 2012

Tangkap Bagian Website Dengan Web Clip

Salah satu fitur yang saya sukai dari Safari adalah Web Clip. Dengan Web Clip kamu bisa menangkap sebagian porsi halaman website kemudian mengubahnya menjadi widget Dashboard. Berikut ini tips singkat cara penggunaan web clip di Safari.

Fitur Web Clip, sudah ada semenjak Safari 4. Pengguna Leopard dan Snow Leopard bisa menggunakan fitur ini.

Sebagai contoh saya akan menangkap Press Release dari website Apple. Untuk menangkap kamu tinggal klik icon Web Clip. Kalau iconnya tidak ada, bisa ditambhakn dengan klik sekunder di toolbar dan pilih Customize Toolbar.

Web Clip Safari

Setelah web clip di tekan, akan muncul bilah ungu di bagian atas halaman website. Kemudian kamu pilih bagian dari website yang ingin di ambil. Pada saat itu, web clip akan otomatis memilih bagian website. Anda juga bisa mengatur ukuran web clip seusai keinginan dengan menarik ujung garis kotak web clip.

Web clip Safari

Apabila sudah pas posisi kotak penangkapan, tekan tombol Add yang saat ini pasti sedang kelap-kelip.

Selanjutnya kamu akan otomatis dibawa ke layar Dashboard. Butuh beberapa waktu sampai web clip dapat mengambil data dari website. Tunggu saja, kamu juga bisa keluar dashboard.

Web Clip Safari

Nah sekarang bagian yang mengasikan, bingkai web clip di dashboard bisa di gonta-ganti. Klik tombol i di bawah kanan widget web clip. Ada 6 bingkai yang bisa dipilih, silakan pilih sesuai kehendak.

Fitur web clip bisa sangat berguna untuk mengambil sebagian info-info dari suatu situs. Web clip bisa mengambil data dari situs yang membutuhkan log-in, asalkan kamu sudah log-in terlebih dahulu menggunakan Safari. Ini beberapa contoh web clip yang saya pakai untuk mengawasi statistik dan juga bisa untuk nge-tweet yang diambil website twitter.

Web clip di dunia nyata

Apakah kamu sudah memakai web clip?? Silakan berbagi dengan semuanya, dipakai apa saja web clip-nya? Kalau mau display screenshot, sematkan saja di komentar.

Follow juga @makemac, jadi fans di Facebook dan circle MakeMac di Google+ untuk dapat update tips, tutorial dan berita seputar Apple, iOS dan Mac OS X.

Beritahu rekan Anda mengenai artikel ini. Berlangganan ke RSS untuk mendapatkan update terbaru atau ikuti twitter kami.

Founder dan penulis di MakeMac, merupakan seorang wirausahawan dan designer. Bekerja sebagai Chief Creative Officer di Petshopbox Studio.

Follow @kuswanto


View the original article here

Ikuti Blog ini

Langganan

Mau dapet Update-an Blog ini lewat e-mail? Masukkin aja alamat Email kamu disini:

Dikirim Oleh FeedBurner