24 Januari 2012

Menyembunyikan Icon Desktop dengan Alfred

Alfred! Bukanlah pembantunya Bruce Wayne. Tapi sebuah aplikasi cool, yang membuat Spotlight kerdil. Kami pernah membahas kegunaan dasar Alfred di artikel sebelumnya. Dan kali ini akan di bahas fitur yang lebih mahirnya. Dalam hal ini menyembunyikan icon desktop.

Sebenarnya banyak aplikasi yang bisa menyembunyikan icon di desktop, dari yang gratisan sampai berbayar. Dengan alfred, artinya tidak perlu install aplikasi lain, menghemat ruang hard disk dan memori.

Ketika icon di desktop di sembunyikan, fungsi klik sekunder akan mati. Kamu tidak akan bisa klik sekunder (klik kanan), untuk mengganti wallpaper atau aksi lainnya. Kamu bisa mengatur file di Desktop melalui Finder.

Untuk melaksanakan tutorial ini, kamu harus mempunyai Alfred Powerpack. Di akhir artikel kamu bisa unduh extension Alfred yang dibuat berdasarkan artikel ini. Tapi kalau kamu ingin mengerti bagaimana membuat extension untuk Alfred, silakan praktekan langkah-langkahnya.

Buka Alfred Preference, kemudian masuk ke Extensions. Di dalam layar Extensions pilih Shell Script. Perintah yang akan kita masukan untuk menyembunyikan dan memunculkan kembali icon desktop merupakan perintah Shell, yang biasa digunakan di lingkungan Unix memakai aplikasi Terminal.

Hide Desktop Icon With Alfred

Klik Shell Script, akan muncul pop-up seperti ini. Masukan nama Extension yang diinginkan, saya memakaikan nama “Hide Desktop Icon”, masukan namamu dan websitemu. Klik Save untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya.

Nah di tahap selanjutnya, masukan Tittle yang nantinya akan menjadi nama aksi di Alfred. Description dipakai sebagai tulisan kecil yang menjelaskan fungsi tersebut. Keyword ini penting, berfungsi pemicu perintah, contoh “hideicon”. Option pilih Silent.

Hide Desktop Icon With Alfred

Di dalam Command tuliskan perintah di bawah ini. Di belakangnya ada titik koma “;”, artinya perintah tersebut berakhir dan lanjutkan ke perintah di baris selanjutnya.

defaults write com.apple.finder CreateDesktop -bool false;killall Finder;

Parameter pilih Auto Detec. Kalau semuanya sudah diset, klik tombol Save. Extension pertamamu untuk Alfred sudah jadi.

Hide Desktop Icon With Alfred

Sekarang kamu bisa mencobanya langsung dengan memanggil Alfred, defaultnya Option + Spasi. Ketikan perintah yang tadi kamu masukan di Keyword.

Mari kita munculkan kembali icon di desktop. Buat Extension baru, klik tombol plus di pojok kiri bawah window Alfred Preferences, dan pilih Shell Script.

Unhide Desktop Icon With Alfred

Langkahnya sama dengan sebelumnya, masukan nama Extension-nya, saya memakai nama “Reveal Desktop Icon”. Klik Save untuk ke tahap selanjutnya.

Di tahap selanjutnya masukan info-info seperti sebelumnya, bedanya sekarang keyword yang saya pakai “unhideicon”. Masukan perintah di bawah ini ke bagian Command.

defaults write com.apple.finder CreateDesktop -bool true;killall Finder;

Klik Save untuk menyimpan extension tersebut.

Unhide Desktop Icon With Alfred

Dan silakan coba dengan mulai mengetikan beberapa huruf di Alfred.

That’s it! Itulah cara membuat Extension sederhana di Alfred. Kamu bisa mengunduh extension yang sudah ada, mungkin banyak yang berguna untuk mempercepat alur kerjamu. Semakin efektif bekerja. Semakin baik, bukan?

Hide Desktop Icon Alfred Extension

Reveal Desktop Icons Alfred Extension

Credit:

Follow juga @makemac, jadi fans di Facebook dan circle MakeMac di Google+ untuk dapat update tips, tutorial dan berita seputar Apple, iOS dan Mac OS X.

Beritahu rekan Anda mengenai artikel ini. Berlangganan ke RSS untuk mendapatkan update terbaru atau ikuti twitter kami.

Founder dan penulis di MakeMac, merupakan seorang wirausahawan dan designer. Bekerja sebagai Chief Creative Officer di Petshopbox Studio.

Follow @kuswanto


View the original article here

Ikuti Blog ini

Langganan

Mau dapet Update-an Blog ini lewat e-mail? Masukkin aja alamat Email kamu disini:

Dikirim Oleh FeedBurner