03 Januari 2012

Memperkenalkan Arduino Labs

ArduinoLabsLogo

Team Arduino (arduino.cc) baru saja memperkenalkan fitur baru dari website mereka, yaitu Arduino Labs dengan alamat: labs.arduino.cc. Hal ini sejalan dengan tujuan dibuatnya Arduino yaitu open-source. Dengan adanya Arduino Labs ini maka sisi open-nya menjadi lebih terbuka lebar lagi, menjadi open-development.

Mengutip tulisan pembuka di halaman itu, Arduino Labs: “This website is an incubator for projects we are working on that haven’t reached an “official” status yet.” Jadi Arduino Labs adalah inkubator untuk proyek-proyek Arduino yang sedang dikerjakan.

Di sini akan ditemui daftar proyek-proyek yang berkaitan dengan Arduino dan tools-nya. Pada saat tulisan ini dibuat, baru ada 2 proyek yang terdaftar, yaitu Mega ADK dan Shield GPRS/GSM. Dari 2 proyek ini, Mega ADK mungkin sudah mencapai tahapan “official” yang dimaksud. Karena sejak akhir bulan Juli 2011, Arduino Mega ADK ini sudah mulai tersedia di toko-toko online yang menjual Arduino. Famosa Studio, yang merupakan distributor resmi Arduino untuk Indonesia, juga sudah mulai memasarkan board Arduino Mega ADK sejak 6 Agustus 2011, di link ini.

Diperlihatkannya daftar proyek yang sedang dikerjakan oleh Team Arduino, mengisyaratkan bahwa kita dapat ikut berpartisipasi di dalamnya. Kita dapat memberikan masukan (feedback) terhadap proyek-proyek tersebut. Munculnya masukan-masukan ini tentu diharapkan dapat membuat hasil dari proyek yang dikerjakan akan lebih baik. Dan seperti inilah konsep open-source dan komunitasnya dibangun.

Print Friendly

View the original article here

Ikuti Blog ini

Langganan

Mau dapet Update-an Blog ini lewat e-mail? Masukkin aja alamat Email kamu disini:

Dikirim Oleh FeedBurner