24 Januari 2012

Apple Rilis iBooks 2 dan iBooks Author

Semalam, Apple mengadakan event bertemakan pendidikan di Guggenheim Museum, New York. Di sana, Apple merilis iBooks 2, iBooks Author, kategori Textbooks di iBookstore dan iTunes U App untuk merevolusi dunia pendidikan.

Sudah sejak lama, Apple berkomitmen untuk membantu dunia pendidikan ke arah yang lebih baik. Textbook merupakan bagian penting dari proses dunia pendidikan. Sayangnya, textbook tidak portable untuk dibawa kemana-mana, tidak interaktif, tidak tahan lama dan isi buku tidak dapat dimutakhirkan. Tetapi, textbook memiliki konten yang luar biasa. Melihat hal itu, Apple ingin membuat textbook menjadi portable, interaktif, tahan lama dan mudah untuk dimutakhirkan dengan iPad. Maka, Apple merilis iBooks 2 untuk perangkat iOS untuk ‘Reinventing Textbooks’.

Dalam event semalam, Vice President of Productivity Software and iWork, Roger Rosner mendemokan Textbooks di iBooks 2. Salah satu buku yang didemokan adalah buku Life on Earth. Diawali dengan tampilan movie yang memukau, di dalam buku itu kita bisa berinteraksi dengan berbagai macam fitur seperti model 3D, kuis interaktif dan sebagainya. Di dalam buku tersebut, terdapat juga Glossary yang dapat kita ubah menjadi ‘study card’. ‘Study card’ sangat efektif digunakan untuk menghapalkan istilah-istilah.

Textbooks di iBookstore

Untuk menyokong Textbooks, Phil Schiller mengumumkan adanya kategori Textbooks di iBookstore dan inovasi ini didukung oleh penerbit terkemuka antara lain Pearson, McGraw Hill, Houghton Mifflin Harcourt dan bahkan DK Publishing. Textbooks akan dijual dengan harga $14.99 atau kurang. Sayangnya, saat ini Textbooks hanya tersedia di iBookstore US.

iBooks 2 tersedia di AppStore untuk iPhone, iPad dan iPod touch dan gratis. Unduh di sini.

iBooks 2 dan Textbooks membutuhkan iTunes 10.5.3. (dapat dimutakhirkan melalui Software Update)

iBooks Author

Apple pun merilis iBooks Author, aplikasi Mac untuk membuat buku interaktif di iBooks 2, sehingga semua orang bisa membuat buku interaktif dengan sangat mudah. iBooks Author memiliki tampilan yang dinamis dan seperti gabungan antara Pages dan Keynote. Aplikasi ini bersifat WYSIWYG dimana kamu bisa mengedit tampilan dan isi buku dengan langsung ditambah penambahan widget seperti movie, model 3D, kuis interaktif dan bahkan berkas Keynote.

Untuk dapat menerbitkan buku kita di iBookstore, kita harus membuat akun iTunes Connect khusus iBooks di sini.

iBooks Author tersedia di Mac App Store untuk OS X Lion dan aplikasi ini gratis. Unduh di sini.

Hal terakhir yang dirilis Apple semalam adalah iTunes U App. Sesuai namanya, iTunes U App adalah aplikasi iTunes U untuk iPhone, iPad dan iPod touch. Dengan aplikasi ini, siapa pun bisa mengambil mata kuliah apapun dimana pun dan kapan pun. Mata kuliah di dalam iTunes U ini disebut dengan iTunes Course.

Setelah kita ‘berlangganan’ salah satu iTunes Course yang ada, akan diunduh sebuah modul ke dalam iTunes U App. Di dalamnya terdapat material pembelajaran, urutan penyampaian materi dan tes hingga jam kerja dosen pengajar mata kuliah tersebut. Material pembelajaran bisa diunduh atau streaming lewat iTunes U App. iTunes Course ini didukung oleh banyak universitas dan institut terkemuka seperti MIT, Stanford University dan Yale University.

iTunes U App dapat diunduh di App Store untuk iPhone, iPad dan iPod touch dan gratis. Unduh di sini.

Follow juga @makemac, jadi fans di Facebook dan circle MakeMac di Google+ untuk dapat update tips, tutorial dan berita seputar Apple, iOS dan Mac OS X.

Beritahu rekan Anda mengenai artikel ini. Berlangganan ke RSS untuk mendapatkan update terbaru atau ikuti twitter kami.

Kontributor MakeMac dengan spesialisasi iPhone. Sangat terinspirasi dengan Steve Jobs. Menikmati kuliah di Arsitektur ITB dan aktif sebagai Mozilla Representative.

Follow @fauzanalfi


View the original article here

Ikuti Blog ini

Langganan

Mau dapet Update-an Blog ini lewat e-mail? Masukkin aja alamat Email kamu disini:

Dikirim Oleh FeedBurner