24 Desember 2011

Sinkronisasi Aplikasi Web Di PHPCloud Dengan PHPStorm 3 Melalui FTP/SFTP

PHPStorm merupakan IDE dari Jetbrains khusus untuk pengembangan aplikasi yang menggunakan PHP. Menurut penjelasan Jetbrains

PhpStorm is a lightweight and smart PHP IDE focused on developer productivity that deeply understands your code, provides smart code completion, quick navigation and on-the-fly error checking. It is always ready to help you shape your code, run unit-tests or provide visual debugging.

yang penulis suka dari PHPStorm yaitu IDE ini mempunyai banyak keyboard shortcut, responsif, relatif memakan memory lebih sedikit dibanding Zend Studio ataupun Eclipse dan adanya fitur sinkronisasi melalui FTP/SFTP (hanya ada di PHPStorm versi 3 keatas).

Ok! sedikit saja untuk pengenalan dari PHPStorm coba download dan buktikan saja! :) langsung saja ke point utama posting ini. Diasumsikan bahwa anda sudah mempunyai account dan aplikasi yang sudah berada di server PHPCloud, kalau belum lihat post sebelumnya. Untuk mengembangkan aplikasi di PHPCloud user bisa memakai tool git, SFTP, Zend SDK ataupun Zend Studio. Kali ini penulis menggunakan PHPStorm 3 untuk pengembangan dan sinkronisasi aplikasi yang di deploy di PHPCloud.

Setiap upload ataupun download source code dari aplikasi di PHPCloud pasti dibutuhkan username dan password. Agar tiap kali upload atau download tidak selalu memasukkan data-data tersebut, PHPCloud menyediakan mekanisme file key yang di share antara server dan komputer client.

Login ke phpcloud.com dan masuk ke menu Access Key. Ada dua pilihan yang disediakan oleh PHPCloud yaitu membuat key baru kemudian kita download ke komputer atau mengimpor key yang sudah ada dari komputer client.
Access Key PHPCloud

Untuk keperluan setup dengan PHPStorm import saja RSA key dari komputer client caranya yaitu klik button Choose file pada Import Existing Public Key dan pilih file key id_rsa.pub. Pada sistem Linux biasanya RSA key terletak di

Untuk membuat project PHP baru di PHPStorm klik menu File ? New Project. Sebagai langkah awal sebaiknya memakai direktori kosong untuk lokasi project PHP ini. Kalau ingin ditambahkan file file yang lain bisa dilakukan nanti.

Untuk setup server klik menu Tools ? Deployment ? Configuration kemudian akan muncul Deployment wizard. Tekan tombol + di pojok kiri wizard dan akan muncul Add Server wizard kemudian beri nama apa aja terserah anda dan jangan lupa tipe koneksinya pilih SFTP. Lihat screenshot dibawah ini untuk lebih jelasnya
add serverKemudian isikan parameter – paramater dari server PHPCloud seperti contoh screenshot dibawah ini

setup server phpcloud di phpstorm

Isikan SFTP Host sesuai dengan alamat aplikasi di PHPCloud dalam contoh diatas yaitu

Perlu diingat setup server diatas menggunakan autentikasi berupa RSA key. Ubah nilai Auth Type jika diinginkan metode autentikasi yang lain dan jangan lupa untuk menekan button Test SFTP connection untuk mengetes apakah parameter – parameter koneksi ke server SFTP PHPCloud sudah benar.

Agar direktori project tempat kita mengembangkan aplikasi di PHPStorm sesuai dengan direktori di server PHPCloud maka diperlukan mapping direktori.

mapping direktori project

Default lokasi dari aplikasi di server PHPCloud yaitu pada direktori

/applications/container-root/public

dan sesuaikan mapping dengan lokasi direktori project yang telah dibuat di PHPStorm. Jika diinginkan browsing file di remote host melalui protocol FTP/SFTP klik menu Tools ? Deployment ? Browse Remote Host.

Upload, download dan sinkronisasi file – file aplikasi lokal dan remote bisa diakses melalui Klik kanan pada project ? Deployment.

sinkronisasi file

Ok! semoga pengembangan aplikasi PHP menjadi semakin mudah dengan PHPStrom dan PHPCloud dan ingat…

Jangan berhenti belajar! :D

Posting ini bermanfaat...atau ada pertanyaan ?, jangan lupa untuk menulis komentar ok.


View the original article here

Ikuti Blog ini

Langganan

Mau dapet Update-an Blog ini lewat e-mail? Masukkin aja alamat Email kamu disini:

Dikirim Oleh FeedBurner