22 Desember 2011

Mengembangkan Aplikasi PHP di PHPCloud

PHPCloud merupakan cloud service yang khusus mendukung pengembangan aplikasi melalui bahasa PHP…yup PHPCloud!. Selain PHPCloud ada banyak cloud service yang mendukung PHP seperti PHPFog dan Heroku, kelebihan PHPCloud adalah adanya integrasi pengembangan aplikasi dengan Zend Studio 9 sehingga lebih mudah bagi pemula dan juga PHPCloud mendukung deployment melalui repository Git ( PHPFog dan Heroku juga mendukung repositori git), melalui tool Zend SDK dan juga melalui SFTP.

Untuk memulai pengembangan aplikasi PHP di PHPCloud sebenernya mudah sekali, apalagi kalau anda pakai Linux OS! ;) .

Pada saat tulisan ini dibuat PHPCloud masih dalam status Technology Preview sehingga registrasi di phpcloud.com masih bersifat registrasi by request maksudnya kita meminta account untuk login ke PHPCloud secara manual, penulis sendiri menerima account valid dalam beberapa hari setelah request. Click link registrasi PHPCloud untuk request.

Setelah terregistrasi langkah berikutnya adalah membuat container sebagai tempat aplikasi PHP yang akan kita kembangkan. Klik pada link Click here pada kotak Get More Containers sebelah kiri untuk membuat container baru ( lihat gmbar dibawah ). Pastikan anda mengisi password dan jangan lupa diingat atau dicatat! :) .
Buat container di PHPCloud

Setelah container terbentuk, secara default telah terdapat aplikasi PHP dengan akses URL berformat

http://[nama-container].my.phpcloud.com

Jadi jika container bernama wokeh seprti pada gambar diatas maka link aplikasi menjadi

http://wokeh.my.phpcloud.com

jika link diatas dibuka pada browser maka tampilan awal aplikasi seperti berikut ini

Seperti telah di jelaskan sedikit tentang PHPCloud diawal tulisan, banyak cara untuk mengembangkan aplikasi kita yang berada di cloud server seperti melalui Secure FTP, Git, Zend SDK dan Zend Studio 9.

Untuk pengembangan aplikasi memang paling bagus memakai Zend Studio 9 tetapi sayangnya IDE ini tidak free. Penulis sendiri lebih sering memakai git karena bisa upload atau download melalui shell ataupun adanya dukungan IDE seperti Eclipse, IntelliJ IDEA dan Netbeans. Bagi yang belum familiar dengan git version control silahkan lihat di website git. Kalau anda memakai linux install git melalui yum, apt-get dll.

Untuk mengkopi source code aplikasi yang berada pada server PHPCloud pastikan anda tahu dahulu URL dari repositori git. Sebagai catatan URL ini bersifat unik untuk tiap aplikasi.
Akses Git

Untuk contoh diatas dengan container wokeh URL dari repositori git yaitu

https://wokeh@wokeh.my.phpcloud.com/git/container-root.git

Untuk mengkopi source code ke komputer lokal ketik command seperti dibawah ini (jangan lupa untuk menyesuaikan URL git sesuai dengan aplikasi anda!).

$ git clone https://wokeh@wokeh.my.phpcloud.com/git/container-root.gitOk!, anda sudah siap untuk melakukan development PHP lebih lanjut di PHPcloud!. Ubah kode-kode yang sudah dikopi di komputer lokal sesuai dengan kebutuhan anda dan update aplikasi diserver dengan perintah git berikut

Wokeh!..selama mencoba! :D

Posting ini bermanfaat...atau ada pertanyaan ?, jangan lupa untuk menulis komentar ok.


View the original article here

Ikuti Blog ini

Langganan

Mau dapet Update-an Blog ini lewat e-mail? Masukkin aja alamat Email kamu disini:

Dikirim Oleh FeedBurner