30 Mei 2009

Mengatur Ukuran Kertas Custom Size Pada Microsoft Excel

Berberda dengan Microsoft Word (Word) yang pada "Page Setup" nya terdapat pilihan "Custom Size" untuk mengatur ukuran kertas yang digunakan, di Microsof Excel (Excel) tidak ada. Lalu bagaimana jika kita mau mengetik sebuh dokumen di Excel dengan ukuran kertas yang tidak terdapat pada default "paper size" nya Excel???

Biasanya saya sering menggunakan kertas Folio berukuran 21.5 cm X 33 cm. Kalau untuk mengetik di Word sih tidak masalah, yang menjadi masalah bila mengetik di Excel. Biasanya karena di Excel tidak ada pilihan "Custom Size" pada "paper size"nya saya pake ukuran Legal, tapi ingat! ukuran kertas legal lebih panjang dari ukuran kertas folio. Tapi akhirnya saya ketemu juga caranya.

Membuat Ukuran kertas sendiri pada Microsoft Excel
Ternyata Microsoft Excel mengambil ukuran kertas dari settingan kertas pada printer. Nah, kalau kamu mau membuat ukuran kertas baru tampil pada pilihan "paper size" di Excel maka buat dulu ukuran kertas baru di settingan printermu. Disini akan saya contohkan cara membuat ukuran kertas baru pada printer Epson C90.

1. Buka Control Panel > Printer and Faxes
2. Klik kanan pada icon Epson Stylus C90 Series, lalu pilih printing preferences.

3. Pada bagian "Paper Option" pada form "Size" pilih "User Defined"

4. Isikan ukuran kertas yang kamu mau, contohnya Folio. "Paper Size Name" diisi "Folio", "Unit" pilih yang 0.01 cm, "Paper Width" masukkan "2150", "Paper Height" masukkan "3300". Selajutnya klik "Save" kemudian "OK".

5. Sekarang buka Excel dan lihat pada "Page Setup" ukutan kertasnya sudah ada Folio.
Selamat Mencoba...

Ikuti Blog ini

Langganan

Mau dapet Update-an Blog ini lewat e-mail? Masukkin aja alamat Email kamu disini:

Dikirim Oleh FeedBurner