01 Maret 2009

Menambah Arus Regulator 78XX

Sebuah power supply yang menggunakan IC Regulator 78XX memang sudah sering kita jumpai. Salah satu kelebihan menggunakan IC Regulator 78XX adalah mampu menghasilkan tegangan keluaran yang stabil, tapi kelemahan IC Regulator ini adalah arus output setelah melewati IC Regulator 78XX tidak bisa lebih dari 650mA.

Untuk mengatasi keterbatasan arus yang dihasilkan oleh IC Regulator 78XX, maka kita bisa menggunakan Transistor Daya untuk mensupply arus tambahan agar power supply tetap menghasilkan tegangan yang stabil. Berikut ini gambar rangkaian Power Supply Regulator 78XX yang sudah dilengkapi transistor daya:

regulator78xx-transistor

Apabila ada arus lebih dari 650mA melalui IC Regulator, maka transistor daya akan mulai bekerja untuk mensupply arus tambahan. Hal ini menyebabkan transistor daya tersebut akan menjadi panas, sehingga transistor daya harus dipasangi heat sink yang cukup.

Pada rangkaian diatas, apabila anda menginginkan tegangan output sebesar 12V, maka anda harus menggunakan IC 7812. Ingat! Tegangan input harus lebih besar dari 12V, hal ini untuk mencegah tegangan jatuh ( drop voltage ).

Sumber

Ikuti Blog ini

Langganan

Mau dapet Update-an Blog ini lewat e-mail? Masukkin aja alamat Email kamu disini:

Dikirim Oleh FeedBurner