09 Februari 2009

Teori Dasar Antena Dan Transmisi (Bagian 3 Selesai)

Transmisi

Seberapa jauh gelombang elektromagnetik dapat berjalan? Secara teori saat mulai bekerja, gelombang radio akan berjalan selamanya. Tetapi pada kenyataanya gelembang elektromagnetik mengalami pelemahan oleh atmosfir dan faktor-faktor yang lain. Berapa-pun besarnya daya yang digunakan dalam proses transmisi,sinyal yang diterima mengalami pelemahan yang diakibatkan oleh adanya jarak dengan pemancar. Sampai pada titik tertentu sinyal akan menjadi sangat lemah sehingga alam, noise atmosfir lebih besar dari sinyal yang dipancarkan

 

Sensitivitas

Jika sebuah radio penerima tertera “sensitivity 20uV/m”, ini berarti sinyal terlemah yang masih bisa diterima oleh radio tersebut ialah 20uV/m. Untuk menerima sinya yang lebih lemah dari nilai tersebut dibutuhkan antena dengan gain yang besar atau sebuah preamplifier. Masalahnya, bila kita ingin memperbesar sinyal berarti kita juga memperbesar noise yang menginterfensi sinyal tersebut.

contoh:

Jika sebuah pemancar mempunyai daya sebesar 100W, jarak dengan radio penerima ialah  10Km. Berapakah kuat medan-nya?

Penyelesaian:

fstr

eg1

Catatan: Hasil diatas diasumsikan pada kondisi ideal, tidak diperhitungkan rugi-rugi yang terjadi pada proses transmisi.

 

Propagasi / Perambatan

Perambatan adalah istilah yang menggambarkan seberapa baik berjalannya suatu gelombang elektromagnetik. Faktor-faktor yang mempngaruhi perambatan adalah frekuensi dari gelombang elektromagnetik, ionosphere, ketinggian antena pemancar dan penerima.

Selesai

Ikuti Blog ini

Langganan

Mau dapet Update-an Blog ini lewat e-mail? Masukkin aja alamat Email kamu disini:

Dikirim Oleh FeedBurner