22 November 2008

Tips dan Trik Menjadi Publisher KlikSaya.com

Memiliki blog dengan 10.000 pageviews per-bulan merupakan salah satu syarat untuk menjadi publisher KlikSaya.com. Sepertinya ini merupakan sarat tersulit bagi para blogger pemula, tapi saya akan bagikan beberapa pengalaman saya dalam hal meningkatkan pageviews.

10.000 Pageviews per-bulan? Sulitkah???

1. Related Article Artikel Terkait.
Buat pengguna wordpress membuat related article artikel terkait merupakakan hal yang mudah, tapi buat pengguna blogger perlu sedikit trik untuk membuat related article arikel terkait. Caranya seperti yang dijelaskan disini adalah sebagai berikut:
Seperti biasa masuk ke dashboard, Layout, Edit HTML (jangan lupa backup template dengan Download Full Template), cari tag dibawah ini (Ctrl F):

Setelah itu letakkan code ini tepat dibawahnya :
Save template dan selesai, dibawah setiap postingan akan muncul "related article", kalau tidak suka silahkan ganti sesuai dengan selera kamu.

2. New Post Posting Terbaru.
Kita bisa memanfaatkan feed untuk membuat widget "New Post" "Posting Terbaru". Kalau belum punya lebih baik kamu daftar dulu di feedburner.com setelah itu ingat atau catat alamat feed blog kamu. Untuk membuat widget "New Post" "Posting Terbaru" caranya sebagai berikut:

Masuk ke Layout > Add a gadget > Feed. Pada textbox Feed URL isikan dengan URL Feed blog-mu, kalau blog ini Feed URL nya : http://feeds.feedburner.com/TutorialElektronikaKomputerDanLain-Lain setelah itu klik "continue" lalu isi textbox "Title" sesuai dengan keinginanmu misalnya: "Posting Terbaru" pada textbox "Show" masukan banyaknya judul posting yang akan tampil, kalau sudah selasai klik "Save". Saran saya, Posisikan widget tersebut diatas posting utama di Blog kamu.


3. Read More Baca Selengkapnya.
Saya sendiri tidak memakai trik ini karena saya sudah puas dengan pageviews blog saya sekarang. Tapi kalau kamu benar-benar menginginkan peningkatan pageviews trik ini layak untuk dicoba. Trik ini digunakan oleh http://nasraul.blogspot.com/ , hasilnya pageviews nya bisa 6 kali lebih banyak dari visitors-nya. Berarti setiap satu orang visitors melihat 6 halaman yang berbeda pada blog tersebut. Cara membuat Read More Baca Selengkapnya pada blogspot bisa dilihat disini:

Masuk ke Layout > Edit HTML kemudian tandai Expand Widget Templates, lalu cari kode:
copy-kan code berikut ini tepat dibawah-nya:
Selanjutnya mengatur agar postingan terpotong, cari kode:
tambahkan kode berikut tepat dibawahnya:
Nah supaya terpotong, setiap kali kamu posting, klik pada bagian posting dimana kamu pengen tulisan Read More.. muncul, dan ketik
sisa postingan sampai selesai, kemudian tutup dengan Untuk menambahkan kode ini, ketika posting kamu harus dalam mode Edit HTML bukan Compose .

4. Kualitas Content
Semua trik yang saya berikan diatas sama sekali tidak berguna jika blog atau website yang kamu miliki, tidak mempunyai konten yang bagus. Selain kualitas konten, perlu juga diperhatikan tentang kuantitas konten. Rajin-rajinlah melakukan update konten pada blog atau wesite-mu, hal ini sangat disukai oleh search engine sehingga akan berpengaruh pada trafik blog-mu.

Biarkan Pengunjung Meng-Klik Zona Iklan Anda.
Setelah memenuhi pageviews 10.000 per bulan, sekarang saatnya kita melakukan optimasi untuk zona iklan anda.

1. Mana yang paling strategis???

Menurut pengalaman penulis, zona iklan yang paling strategis (paling banyak diklik pengunjung) ialah Leaderboard (728x90) dan Persegi Besar (300x250). Hal ini dikarenakan zona iklan tersebut sangat mudah menarik pandangan ( eye catchy ), sehingga akan sangat mudah untuk di-klik pengunjung web.

Jika kamu ingin memasang zona iklan skyscraper, maka saya sarankan penempatannya pada sidebar sebelah kanan. Hal ini dikarenakan kebiasaan orang Indonesia yang memegang mouse dengan tangan kanan dan membaca dari arah kiri ke kanan.

2. Iklan atau Posting???

Buat iklan yang tampil pada blog atau website-mu mirip dengan posting. Selaraskan tampilan Iklan dengan template blogmu. Kamu bisa lihat blog saya, semakin mirip Iklan dengan posting maka saya yakin akan semakin banyak pengunjung yang meng-klik iklan di blog-mu.


Kamu bisa menggunakan tool PicPick untuk menyelaraskan pilihan warna iklan dengan template blog-mu. Warna "Latar Belakang" dan "Kotak" saya sarankan sama supaya iklan bisa lebih terlihat menyatu dengan template blog-mu.


3. Tolak Yang Murah!!!
Setiap zona iklan mengandung maksimal 4 - 5 iklan. Apabila jumlah iklan pada zona iklan anda melebihi 4 - 5 iklan maka saya sarankan anda menolak iklan yang harganya dibawah harga iklan rata-rata pada zona iklan anda. Hal ini akan membuat pendapatan anda lebih stabil.
Penutup
Hanya itu saja yang bisa saya berikan kepada anda para calon publisher kliksaya.com. Semoga sukses selalu. Apabila ada ralat, saran, kritik dan trik yang lain, silahkan tinggal pesan anda di kotak komentar yang ada. Terima Kasih.

Ikuti Blog ini

Langganan

Mau dapet Update-an Blog ini lewat e-mail? Masukkin aja alamat Email kamu disini:

Dikirim Oleh FeedBurner