06 Oktober 2008

Strategi Lolos tes CPNS

Sebelum kita bahas kiat-kiat, tips dan trick buat lolos tes CPNS ada baiknya kita lihat dulu Faktor-faktor yang menentukan keberhasilan dalam menyelesaikan soal-soal tes CPNS. Faktor-faktor tersebut antara lain:

1.Persiapan.Banyaklah menambah pengetahuan anda tentang soal-soal aritmatika atau pengetahuan umum dan cara berpikir logis.
2.Lakukan simulasi mandiri. Berlatihlah dengan menggunakan waktu standard pengerjaan soal. Berlatihlah secara berkala untuk meningkatkan waktu pengerjaan soal.
3.Istirahat yang cukup. Usahakan tetap rileks, jangan tegang dan pastikan pada saat hari H kondisi anda Prima.
4.Jangan lupa sarapan. Karena tes CPNS memakan waktu dan tenaga yang cukup banyak, selain itu tidak disediakan waktu yang cukup untuk istirahat atau makan maka jangan lupa sarapan!
5.Coba untuk memeriksa tempat ujian sebelumnya. Biar lebih mudah beradaptasi aja.
6.Pakai jam tangan. Biar tidak kebingungan mencari jam dinding untuk melihat sisa waktu.
7.Kerjakan dahulu soal yang lebih mudah. Bila masih ada waktu, kerjakanlah soal yang dilewati tadi.
8.Dengarkan instruksi pengawas, jangan malu bertanya apabila ada yang tidak jelas.
9.Jangan salah menuliskan nama atau nomor ujian.
10.Berdoa sebelum mengerjakan soal-soal tes. Berdoa bias membuat hati kita lebih tenang dan menambah konsentrasi serta keyakinan kita.
11.Percaya diri dan jangan nyontek!
12.Baca petunjuk pengerjaan soal!
13.Tidak ada poin negative, jadi jangan biarkan jawaban anda kosong, kalau tidak bisa lebih baik ngawur aja!
14.Jagalah kebersihan lembar jawaban anda.
15.Setelah selesai mengerjakan soal, berdoalah! Berdoa dapat membuat anda berpikir positif dan pasrah, setelah berusaha keras mengerjakan soal-soal yang ada.

Tips dan Trik meyelesaikan soal-soal tes CPNS:

Untuk tes bakat skolastik:
1.Pada tes verbal yaitu pada bagian sinonim, antonim maupun tes analogi, strategi belajar paling efektif adalah mencari arti dari kata-kata asing yang ada dalam surat kabar dalam kamus, kemudian hafalkan!
2.Pada soal penalaran logika dan analitis, anda sebaiknya melihat terlebih dahulu jawabannya dan membandingkannya satu per satu. Hilangkan jawaban yang jelas salah, hingga anda menemukan jawaban yang paling tepat atau mendekati.
3.Pada bagian tes logika aritmatika dan kemampuan aljabar. Banyak berlatih sehingga bisa melakukan operasi matematika dengan cepat, cermat-cermatlah dalam menerjemahkan soal cerita kedalam bentuk matematisnya.
4.Pada bagian penalaran visual, konsentrasi tinggi untuk melihat pola yang ada pada gambar. Lebih baik anda membiasakan diri dengan mengerjakan soal-soal sejenis.

Untuk tes kemampuan umum:
1.Pada bagian bahasa Indonesia atau bahasa inggris, jika ada soal wacana yang terlalu panjang, maka lebih baik membaca soal terlebih dahulu kemudia mencari jawaban di wacana. Lakukan dengan cepat.
2.Pada bagian falsafah ideologi pancasila, kebijakan pemerintah ataupun tata Negara, strategi yang mungkin dilakukan adalah banyak membaca surat kabar, dan informasi terbaru, updating perubahan undang-undang yang berlaku, banyak membaca buku yang merupakan dasar pengetahuan bagian tersebut.

Selamat Berjuang!
Sukses selalu untuk anda!

Ikuti Blog ini

Langganan

Mau dapet Update-an Blog ini lewat e-mail? Masukkin aja alamat Email kamu disini:

Dikirim Oleh FeedBurner