29 Agustus 2008

Memperbaiki Canon IP1880 infus yang "masuk angin"


Printer infusan tentu saja membawa banyak kemudahan. Kita tidak perlu lagi kerepotan mengisi katrid yang kosong, tidak perlu lagi takut belepotan tinta, ya semua itu karena sistem infus.

Sekitar sebulan yang lalu tempat kerja saya membeli sebuah Printer Infusan IP1880. Wah semua guru kelihatan senang sekali (mungkin karena bisa ngeprint foto gratis heheheheh....). Ternyata benar, frekuensi penggunaan printer memang bertambah, buktinya baru 3 minggu saya sudah harus mengisi ink tank yang hampir kosong.

Ya, sebulan berlalu.... Dan pada suatu pagi yang mendung, saya dapat komplain dari salah seorang guru "Mas, printernya yang warna merah ko ga keluar ya????". Setelah dilihat ternyata benar yang warna merah memang tintanya tidak jalan, seperti tidak kesedot gitu. Wah bingung juga pertamanya.Tapi akhirnya ketemu juga caranya.

Caranya gini. Misalkan yang ga mau keluar tinta warna merah ya. Pertama kamu liat dulu selang buat tinta warna merah (magenta), bener ga ada udara yang masuk kalo ada udara berarti tintanya ga menuhin itu selang. Kalo memang bener kayak gitu cara selanjutnya, kamu siapin tisu yang banyak, trus cabut selang yang masuk ke katrid, pas nyabut selang posisi ink tank harus sejajar dengan kartrid loh ya. Kalo udah kecabut, kamu ambil suntikan terus diisi dengan tinta merah (magenta) secukupnya, terus disuntik ke kartrid pada bagian warna merah (magenta) sampe kartridnya terisi.

Terus kamu angkat ink tank sampai posisinya lebih tinggi dari posisi kartrid, tunggu sebentar sampe tintanya keluar dari selang, nah disini kamu tisunya kamu pake buat ngelap tumpahan tinta tadi. Kalo udah sampe tumpah baru kamu masukkin ke kartridnya. Masukkinnya yang kenceng ya! Pertahankan posisi ink tank lebih tinggi dari kartrid selama kurang lebih 5 menit, setelah itu kembalikan lagi posisi ink tank sejajar dengan posisi kartrid.

Setelah itu jalankan "Head clean" terus jalankan juga "Print Check Patern". Ulangi "Head clean" dan "Print Check Patern" paling ga 3 kali. Terus liat, kalo berhasil, berarti selang infusnya akan dipenuhi tinta.

Semoga berguna ya............

Ikuti Blog ini

Langganan

Mau dapet Update-an Blog ini lewat e-mail? Masukkin aja alamat Email kamu disini:

Dikirim Oleh FeedBurner