10 Mei 2008

LED dua Warna ( Bicolour LED )

Anda tentu pernah melihat LED yang dapat berganti warna sebagai indikator untuk suatu fungsi tertentu. Misalnya pada kamera digital, LED akan menyala merah apabila kamera digunakan pada posisi record dan akan berubah hijau apabila kamera digunakan pada posisi play. Nah, LED yang bisa menampilkan dua warna seperti yang dijelaskan diatas itu namanya BiColour LED.

BiColour LED terdiri dari dua buah LED berbeda warna, yang dikemas dalam satu kemasan. Ada dua jenis sambungan untuk bisa menghidupkan salah satu LED.

Jenis pertama, ialah sambungan dengan menggunakan tiga pin, pin-pin Katoda pada kedua buah LED tersebut dihubungkan menjadi satu pin ( Common Katoda ).

Common Katoda langsung dihubungkan ke ground atau polaritas min batere atau ke logika nol. Sedangkan polaritas plus atau logika satu dihubungkan ke pin Anoda salah satu LED yang akan dihidupkan.

Jenis kedua, ialah sambungan menggunakan 2 pin, Anoda LED yang sata dihubungkan dengan Katoda LED yang lain. LED mana yang akan hidup tergantung dari polaritas tegangan yang diberikan pada LED yang sesuai dengan pin LED.

Apabila kita ingin menyalakan LED Merah, maka kutub positif batere kita hubungkan dengan pin anoda LED red, nah apabila kita ingin menghidupkan LED hijau maka kutub positif batere kita hubungkan dengan pin anoda LED green. Nah apabila proses switching dilakukan dengan waktu yang sangat cepat, maka cahaya yang tampil adalah warna kuning (perpaduan merah dan hijau). Nah sekarang udah ngertikan prinsip kerja LED dua Warna ( Bicolour LED ).

Ikuti Blog ini

Langganan

Mau dapet Update-an Blog ini lewat e-mail? Masukkin aja alamat Email kamu disini:

Dikirim Oleh FeedBurner