10 Februari 2008

Mengoptimalkan Penggunaan RAM pada Komputer Anda

Apabila anda menginginkan performa komputer anda baik, maka cara yang paling mudah ialah menambah RAM. Dengan RAM yang besar penggunaan Sistem Operasi Windows XP pada komputer anda akan semakin nyaman. Mungkin sekarang harga RAM DDR 2 memang murah, sekitar Rp 150.000,- (harga pada saat artikel ini saya tulis) untuk RAM dengan kapasitas 512Mb, Jadi kalau ada dana ya tidak ada salahnya menambah RAM untuk menambah performa komputer anda.

Hal diatas mungkin bukan merupakan masalah yang besar bagi pengguna DDR2, bagaimana untuk pengguna DDR???? sebagai informasi saja, harga RAM DDR 512Mb PC3200 sekitar Rp 260.000,- (harga pada saat artikel ini saya tulis). Selain itu sekarang DDR juga sudah sulit ditemukan, itu untuk DDR, bagaimana untuk pengguna SDRAM (buat yang menggunakan komputer pentium 4 (soket 478) ke bawah) yang paling mentok besar RAM nya 256Mb (min requirement buat Win XP)???? semakin repot lagi bukan?

Solusi yang cukup bijak ialah "Optimalkan Penggunaan RAM anda", saya akan memberikan beberapa tips untuk mengoptimalkan penggunaan RAM anda.


Bagaimana Cara Mengoptimalkan RAM?

Anda dapat memonitor penggunaan memory komputer anda menggunakan tab Performance's pada Task Manager (lihat Gambar 1.). Untuk menjalankan Task Manager, tekan Ctrl + Alt + Del, kemudian klik tab Performance.

Image Hosted by ImageShack.us
Gambar 1. Task Manager.

Cara membaca informasi yang ada pada Task Manager untuk mengoptimalkan penggunaan RAM anda adalah sebagai berikut:
  • Jika Total Commit Charge lebih besar dari Total Physical Memory, berarti komputer anda membutuhkan RAM yang lebih besar. Saat Total Commit Charge lebih besar dari Total Physical Memory berarti komputer anda secara teratur harus menggunakan Page File, yang akan membuat system anda menjadi lambat. Anda harus membeli RAM untuk menambah kapasitas RAM anda untuk mengatasi masalah ini.
  • Jika Peak Commit Charge mendekati Limit Commit Charge, berarti anda harus menambah RAM atau memperbesar ukuran dari Page File.

Tips untuk Mengoptimalkan Penggunaan RAM
  • Hapus DLL di cache memory. Apabila system anda terasa lambat saat Win XP berjalan untuk beberapa saat atau RAM tiba - tiba menjadi sedikit, mungkin penyebabnya ialah file DLL dari program - program yang sudah tidak lagi dijalankan, tetapi Win XP masih menyimpannya di memori. Terkadang Win XP menyimpan file - file DLL di cache memori, bahkan saat program yang memerlukan file DLL tersebut sudah tidak lagi dijalankan. Hal tersebut dapat mengurangi memori yang tersedia bagi aplikasi - aplikasi yang lain. Anda bisa menghapus file DLL yang sudah tidak digunakan di cache memori melalu Registry. Caranya, buka Registry Editor kemudian cari HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer. Buat DWORD baru dengan nama value-nya AlwaysUnloadDll , kemudian berikan data value-nya 1. Exit registry editor kemudian restart komputer anda.
  • Kurangi "Color Quality". Menggunakan warna 32 bit lebih banyak memakai memori daripada menggunakan warna 16 bit. Jika komputer anda biasanya digunakan untuk aplikasi bisnis dan kantor seperti word processor dan spreadsheet maka perbedaan antara warna 16 bit dan 32 bit tidak terlalu terlihat, jadi lebih baik turunkan saja color quality menjadi 32 bit. Caranya, klik kanan di tempat kosong di desktop anda | Properties | Settings kemudian di color quality box pilih 16 bit (lihat Gambar 2).
Image Hosted by ImageShack.us
Gambar 2. 16 Bit Color quality
  • Hindari aplikasi - aplikasi DOS. Aplikasi - aplikasi DOS menyebabkan Win XP tidak mengatur penggunaan memori dengan baik. Jika anda masih menggunakan aplikasi - aplikasi DOS, ganti saja dengan yang versi Windows. Misalnya anda saat ini masih menggunakan Turbo PASCAL 7.0 lebih baik ganti saja dengan Turbo PASCAL for Windows.
  • Kurangi / Hapus icon shortcut yang ada di desktop anda. Setiap icon di desktop anda cukup memakan memori. Hapus saja icon - icon yang jarang anda gunakan di desktop anda. Coba gunakan Clean Desktop Wizzard untuk menghapus icon desktop yang jarang anda gunakan secara otomatis. Klik kanan di dektop anda | Properties | Desktop | Customize Desktop | Clean Desktop Now. Ikuti Wizard untuk menghapus icon yang sudah tidak/jarang digunakan.
  • Kurangi aplikasi dan services yang tidak diperlukan. Banyak sekali services windows yang berjalan di background yang sebernanya tidak terlalu anda butuhkan. Untuk melihat services apa saja yang berjalan pada saat start up, klik Start | Run kemudian pada box Open ketik msconfig klik OK. Lihat pada tab Services, yang tercentang adalah services yang berjalan pada saat start up, anda bisa menghilangkan tanda centang atau tanda cek pada services yang tidak anda butuhkan, setelah itu klik OK kemudian restart komputer anda.
Image Hosted by ImageShack.us
Gambar 3. Msconfig.

Beberapa services yang bisa dengan aman anda non aktifkan dapat anda lihat di Tabel 1.
Tabel 1. Services yang bisa anda non Aktifkan.
Image Hosted by ImageShack.us
Ok. Sekian dulu ya, semoga berguna, kalau ada yang salah silahkan di ralat.

Ikuti Blog ini

Langganan

Mau dapet Update-an Blog ini lewat e-mail? Masukkin aja alamat Email kamu disini:

Dikirim Oleh FeedBurner