16 Februari 2008

Menggunakan Bahasa BASIC untuk AT89xx

Apa bahasa pemrograman yang kamu gunakan untuk memrogram mikrokontroler keluarga MCS51 ( AT89CXX, AT89SXX dan lain - lain )? Mungkin sebagian besar dari kamu masih menggunakan bahasa Asembler (ASM). Padahal menggunakan bahasa ASM lumayan rumit karena ASM merupakan bahasa pemrograman low level yang instruksinya cukup banyak dan aturannya juga banyak.

Sebenarnya sekarang sudah banyak kompiler untuk mikrokontroler MCS51 yang menggunakan bahasa pemrograman high level, seperti C, Pascal dan Basic. Nah, jadi mikrokontroler MCS51 pun semakin terasa menyenangkan untuk dipelajari.

Apabila kamu seorang programmer yang akrab dengan bahasa BASIC ( Visual Basic ), maka kamu pun bisa dengan mudah memrogram mikrokontroler MCS51. Kok bisa? ya bisa lah... Silahkan kamu coba menggunakan BASCOM-8051.

Image Hosted by ImageShack.us
Gambar 1. BASCOM 8051

BASCOM 8051 adalah program BASIC compiler berbasis Windows untuk mikrokontroler keluarga 8051 seperti AT89C51, AT89C2051 dan yang lainnya. BASCOM 8051 merupakan pemrograman dengan bahasa tingkat tinggi BASIC yang dikembangkan dan dikeluarkan oleh MCS Electronic.

Program ini versi trialnya bisa kamu unduh di http://www.mcselec.com , atau hubungi saya . Untuk tutorial pemrogrman BASCOM akan saya Posting untuk edisi selanjutnya. Silahkan ditunggu saja.


Ikuti Blog ini

Langganan

Mau dapet Update-an Blog ini lewat e-mail? Masukkin aja alamat Email kamu disini:

Dikirim Oleh FeedBurner