12 Februari 2008

3 Software bagus untuk PCB dan Skematik Diagram

Jujur saja, saya kurang puas menggunakan OrCAD release 9.1. Banyak sekali penggemar elektronika yang menyarankan program ini untuk membuat PCB dan Skematik diagram, padahal program ini tidak gratis dan lumayan mahal lo. Selain itu space di hardisk juga lumayan besar (sampai 300mb, kalau nggak salah). Untuk menentukan footprint juga agak repot. Karena ketidak puasan itulah, akhirnya saya menemukan 3 software ini yang lumayan memuaskan.

  • RIMU PCB

Image Hosted by ImageShack.us
Gambar 1. Rimu PCB

Versi trial Rimu PCB bisa kamu download di www.hutson.co.nz . Software ini sangat sederhana, lumayan untuk membuat PCB untuk rangkaian - rangkaian yan sederhana sampai yang rumit sekalipun. Jujur saja, saya lebih suka menggunakan program ini daripada program lain yang menawarkan fasilitas autoroute. Librarynya gak terlalu lengkap sih, tapi cukupan lah. Kita juga bisa buat sendiri Library baru. Program ini saya sarankan untuk para pemula yang ingin menggunakan komputer sebagai fasilitas untuk menggambar PCB (meskipun untuk yang sudah mahir pun program ini masih cukup layak, setidaknya buat saya :) ). O iya, versi trial bisa kamu gunakan sampai kapan pun, tapi sayang tidak bisa di save. Kalau kamu puas dengan program ini silahkan beli saja di http://www.hutson.co.nz/ordrpcb.htm . Kalo nggak punya duit ya, kamu tau lah gimana caranya :D .

  • RIMU SCHEMATIC

Image Hosted by ImageShack.us
Gambar 2. Rimu Schematic.

Versi trial Rimu Schematic bisa kamu download di www.hutson.co.nz . Software yang sangat easy to use , sederhana, ringan dan yang pasti memuaskan. Sudahlah.... gak usah banyak komentar lagi, lebih baik download sekarang dan coba saja. Sama seperti Rimu PCB, versi trial Rimu Schematic juga bisa anda gunakan sampai kapan pun, malahan anda juga bisa me - nge - save gambar schematic yang anda buat. Tapi, (namanya program trial) anda cuma bisa menggambar rangkaian dengan batas jumlah pin sebanyak 100 pin. Kalau kamu puas dengan program ini silahkan beli saja di http://www.hutson.co.nz/orderrimu.htm . Tapi kayaknya 100 pin sudah cukup banyak deh, jadi lebih baik dipakai trialnya aja.

  • EAGLE LAYOUT EDITOR

Image Hosted by ImageShack.us
Gambar 4. Eagle PCB


Image Hosted by ImageShack.us
Gambar 3. Eagle Schematic

EAGLE atau Easily Applicable Graphical Layout Editor merupakan salah satu freeware untuk skematik dan layout PCB paling powerfull (menurut saya). Ukurannya tidak terlalu besar, kalau sudah diinstal ukurannya sekitar 38mb untuk versi 4.16r2. Setelah menggambar skematik dari sebuah rangkaian elektronik kamu bisa langgsung meng-konversinya menjadi PCB, hanya dengan beberapa klik kamu bisa mendapatkan gambar PCB yang sangat bagus. Selain itu juga ada fasilitas auto route yang bisa mencari jalur PCB dengan otomatis. Kalau menurut saya dari pada menggunakan OrCAD lebih baik menggunakan Eagle. Freeware berarti gratis..... O iya, kalau mau tahu lebih banyak tentang Eagle, pada posting lain waktu pasti akan saya kasih tutorialnya ( tutorial eagle ), yang pasti dalam bahasa indoesia. Kalau mau di unduh coba di http://www.cadsoft.com/ kalau nggak ada coba di http://www.cadsoftusa.com/ , kalau masih nggak ada juga silahkan di google aja. Ok... semoga berguna, selamat mencoba ( Kalau ada salah, silahkan di ralat ).

Ikuti Blog ini

Langganan

Mau dapet Update-an Blog ini lewat e-mail? Masukkin aja alamat Email kamu disini:

Dikirim Oleh FeedBurner